Cute Polka Dotted Pink Bow Tie Ribbon Parade Batik Unpad Geulis, Campaign #SAVEBATIK - Colored Canvas

Parade Batik Unpad Geulis, Campaign #SAVEBATIK

11:31 PM

Sebagai warga negara Indonesia, tentunya Batik sudah akrab di telinga kita bukan? Hayo seberapa sering kamu biasa menggunakan Batik? Dan pengetahuan apa aja sih tentang batik yang perlu kita tahu? ^^ Nah kali ini aku mau sharing pengalamanku ketika berpartisipasi dalam Campaign #SAVEBATIK Parade Batik Unpad Geulis. Yuk baca selengkapnya! 

Fashion Show ini merupakan salah satu dari rangkaian event yang dilaksanakan di kampusku, yaitu Mubes dan Reuni Akbar "Hayu Ngahiji" oleh IKA Unpad (Ikatan Alumi Universitas Padjadjaran) pada tanggal 16-17 April 2016 kemarin. Filosofi dari diusungnya tema #SAVEBATIK ini adalah untuk meningkatkan awareness dan rasa bangga akan kain Batik sendiri. 



Kesenian batik merupakan hasil karya anak bangsa yang telah menjadi budaya masyarakat di setiap daerah di Indonesia. Ternyata lebih dari 1,3jt warga negara Indonesia berprofesi sebagai pengrajin batik lho. Kain yang terkenal akan corak atau motif yang unik ini tentunya membutuhkan ketelitian dan kesabaran dalam proses pembuatannya. Dan sekarang ini akrab di telinga kita istilah batik tulis, batik cap, dan batik sablon / printing.

Seperti yang telah kita ketahui, kain batik secara resmi telah diakui oleh UNESCO dan dimasukkan dalam Daftar Representatif sebagai Intangible Cultural Heritage of Humanity. Namun ternyata keberadaan yang sudah diakui sebagai pusaka warisan dunia adalah batik asli, bukan sekedar kain bermotif batik. Hal ini dapat dilihat dari motif yang terdapat dalam kain batiknya dimana tidak akan terlihat sama persis antara detil satu dengan yang lainnya karena langsung dikerjakan dengan tangan manusia, bukan menggunakan alat. 




Meskipun kita semua menyadari akan keindahan kain Batik, tahukah kamu bahwa ternyata banyak produk di luar sana yang serupa dengan Batik namun 'bukan batik'? Bahkan kain atau pakaian tersebut justru banyak diminati karena harganya yang relatif lebih murah. Di sisi lain juga sangat disayangkan karena ternyata sekarang ini konsumen yang tertarik dan dominan membeli kain Batik yang asli justru adalah warga negara asing.

Oleh karena itu melalui Parade Batik ini, kami ingin mengajak kalian semua untuk membiasakan diri mengenakan Batik. Dengan memakai Batik, kita dapat menunjukkan rasa bangga kita akan warisan kebudayaan Indonesia sekaligus menghargai para pengrajin batik yang senantiasa melestarikannya secara turun-temurun. Yuk kita pakai Batik ♥

Now, enjoy the Fashion Show Photos!















Anyway, kita semua bukanlah model professional ataupun mengaku-aku sebagai Unpad Geulis yaaa haha (Re : geulis dalam bahasa Sunda artinya cantik / indah). Kebetulan memang ditunjuk, daftar, atau dihubungi untuk ikut serta dalam parade batik ini. Berasal dari berbagai fakultas di Unpad, kami dipertemukan dan mendapatkan materi serta arahan seputar modelling. Seneng banget bisa ketemu keluarga kecil baru yang sangat kekeluargaan dan juga menginspirasi dengan tiap-tiap prestasi individunya. Terima kasih banyak untuk ka Indah Sundari yang mau berbagi ilmu dan senantiasa membantu kami! Terimakasih juga untuk Raesita yang mengkoordinir Fasion Show ini serta semua pihak yang telah menyempatkan diri untuk datang menonton! ☺♥


Ohiya dalam menyukseskan Parade Batik kali ini, kami bekerjasama dengan Batik Komar & Batik Hasan sebagai sponsor Batik yang akan digunakan. Bagus-bagus ya batiknya ♪ Kebetulan aku mendapatkan kesempatan untuk merepresentasikan Batik Padjadjaran (kiri) dimana terdapat cikal bakal lambang Universitas Padjadjaran. What a honor!

Nah usai Fashion Show, kami kemudian berganti pakaian dan menggunakan selempang dengan slogan pesan yang ingin disampaikan yaitu "Pakailah Batik, bukan sekedar kain bermotif batik". Tidak hanya kami yang mengenakannya, namun kami juga bertugas untuk mengalungkannya kepada para kandidat Ketua IKA Unpad 2016-2020 serta para tamu undangan yang hadir.



Nah sekian dari acara Parade Batik Unpad Geulis, Campaign #SAVEBATIK
Yuk mulai sekarang kita biasakan diri mengenakan kain Batik dan bukan sekedar kain bermotif Batik! Dengan kita membeli Batik, sesungguhnya kita membeli tenaga dan upaya para pengrajin Batik yang selalu berusaha melestarikannya. Ayo cinta budaya Indonesia! 

Hope this post inspiring you and see you in the next post!

You Might Also Like

3 comments

  1. batik indonesia engga ada matinya tetep cantik dari dulu sampai sekarang go international :D

    www.leeviahan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget! Semoga batik Indonesia bisa terus dilestarikan, maju, dan berkembang yaa ☺♥

      Delete
  2. Batik Indonesia bisa banget dibuat acaraa apapun,, emang nggak ada matinya sih,, stuju sma mbak Letvia :D

    ReplyDelete

I'm A Part Of

I'm A Part Of