Cute Polka Dotted Pink Bow Tie Ribbon Explore the Old Town : Tour De Batavia - Colored Canvas

Explore the Old Town : Tour De Batavia

4:51 AM


So today i just decided to have a different kind of getaway. What's that? A tour museum! *yaaay* haha jadi sebenernya udah lama pengen banget berpetualang ke kota tua. Kalo yang biasanya dateng untuk tujuan photoshoot kali ini memang untuk mengeksplore sejarah ibu kota kita Jakarta dan negara kita Republik Indonesia. 

Menurut aku sejarah itu penting banget. Kenapa? karena tanpa sejarah kita gakan berdiri di tempat yang sama saat ini. Memiliki keinginan untuk mengetahui sejarah dan melestarikan kebudayaan kita menurut aku pribadi adalah dua hal yang perlu ditingkatkan bagi generasi penerus zaman sekarang. Percaya deh, jalan-jalan ke tempat historical jauh lebih asyik lho dibanding berkutat di depan gadget aja hihi. Tujuan kita hari ini : Museum Bank Mandiri & Museum Bank Indonesia!

1. Museum Bank Mandiri




Spot my Panda aka Aulia!




Summary : letak Museum Bank Mandiri dan Museum Bank Indonesia itu bersebelahan, yakni di bagian depan sebelum memasuki kawasan Kota Tua. Jam buka museum ini adalah hari Selasa-Minggu: 09:00-16:00 WIB dan memiliki harga biaya masuk IDR 5.000. Untuk masuk kesini, kalian harus menitipkan barang bawaan kalian kecuali barang berharga. Museum ini bergaya klasik ala tempo dulu yang terdiri dari 3 lantai. Begitu masuk kalian akan menemukan banyak buku besar (semacam buku keuangan di pelajaran Ekonomi) yang ukurannya literally besar banget! terus juga ada bermacam-macam koleksi uang koin, uang kertas kuno dan surat-surat berharga berdasarkan perkembangan dari tahun ke tahun. And trust me, kamu bakal amazed sama banyaknya jenis dan rupa dari mesin tik, komputer, printer, dan mesin hitung uang sejak zaman belanda dulu. Hebatnya mereka bahkan punya satu dinding luas untuk menempelkan koleksi secara diagonal! dan yang paling kusuka adalah prasasti pemberian KCJ Van Aalst serta lukisan Cornelis De Houtman di anak tangga menuju lantai 2 dimana berbahan dasar kaca dengan paduan warna yang bagus sekali ♡ (tidak difoto karena backlight)

Overall museumnya menarik dengan berbagai macam koleksinya, namun mungkin bisa dikembangkan lagi untuk perawatannya. Banyak ruangan dan fasilitas yang tidak dioptimalkan ketika aku berkunjung kesana

2. Museum Bank Indonesia


Idk but this is deep tho. #singing Nenek moyangku seorang pelaut ⚘ ♪












Sumarry : sepanjang aku berkunjung ke museum-museum selama ini, aku bisa bilang Museum Bank Indonesia salah satu dari yang terbaik. Museum ini sangat luas dan modern, bahkan tidak menggambarkan unsur kuno sama sekali. Begitu kamu datang, kamu akan disambut dengan pintu otomatis, ruangan yang bersih dan full AC, serta pemeriksaan dengan detektor logam. Kamu bisa berkunjung kesini hari Selasa - Jumat pukul 08.00 - 15.30 WIB dan Sabtu - Minggu pukul 08.00 - 16.00 WIB. Sama hal nya dengan museum bank Mandiri, kamu hanya tinggal membayar IDR 5.000 dan bisa menikmati koleksi serta fasilitas yang ada dimana secara keseluruhan adalah high technology seperti layar touch screen, LCD, teater, dan parabolic speaker. Menurutku museum ini superrrr lengkap mulai dari segi desain, perawatan dan penggambaran informasi yang sangat mendetail, bahkan rasanya kita kayak dibawa kembali ke masa lampau. Ruangan di museum ini sangat luas jadi make sure kamu punya banyak waktu untuk explore banyak hal terkait sejarah Indonesia dan khususnya perkembangan Bank Indonesia sendiri. Highly recommend untuk dateng kesini! ♥


And, finally a proper photos for Outfit Of The Day!



What i wore : 
Mom's Black Velvet Turtle Neck, Vintage Gold Scarf, Macaroons Closet Skirt, 
White Bag from Batam, and Marie Claire Chocolate Heels

Note : i do suggest you to bring sandals / flat shoes with you to change in case you're tired

Happy exploring!

You Might Also Like

1 comments

  1. foto-fotonya bagus ya kak, pake kamera apa sih? sama ada tips2 buat ngambil foto bagus ngga?

    ReplyDelete

Blogger Perempuan

I'm A Part Of

I'm A Part Of