Cute Polka Dotted Pink Bow Tie Ribbon Kenali Ragam Jenis Cidera Saat Berolahraga - Colored Canvas

Kenali Ragam Jenis Cidera Saat Berolahraga

5:01 AM

Waah ga terasa ya sekarang sudah memasuki bulan ketiga di tahun 2016 ini. Waktu berjalan cepet banget! Nah masuk ke tahun yang baru, berbagai resolusi pasti udah kita susun dengan baik dong. Kira-kira resolusi awal tahun kalian sudah terlaksana belum? hehehe. Kalo aku sendiri di tahun 2016 ini mau mencoba untuk membiasakan untuk berolahraga secara teratur. 

As we know, banyak banget manfaat yang bisa kita dapat dari rajin berolahraga seperti : meningkatkan ketahanan fisik dan imunitas, mengendalikan berat badan, menyehatkan jantung dan pembuluh darah, membantu tidur lebih sehat, mengurangi stres,  dan membuat awet muda ♪


Resolusi agar rajin berolahraga sebenarnya merupakan hal yang bagus banget dan sudah menjadi goals aku dari tahun-tahun sebelumnya. Berat badan aku yang menurun beberapa tahun belakangan membuat banyak orang bertanya tips & trick nya apa. Padahal sebenarnya kuncinya gampang banget lho, sekedar mencoba menerapkan healthy life dengan memperbanyak air putih dan buah serta mulai untuk berolahraga. Nah di poin olahraga itulah dibutuhkan konsistensi yang kuat. Jika tahun sebelumnya aku hanya fokus di lari, zumba, dan menari, tahun 2016 ini aku mau coba banyak jenis olahraga lainnya seperti pilates, yoga, EMS atau berniat apply ke tempat fitness terdekat.


Gimana sih cara agar bisa rajin berolahraga? Nah ini dia yang paling sering ditanyakan hehe. Terkadang gabisa bohong juga ya pasti ada rasa malas atau kebentur dengan kesibukan lainnya. Akhirnya resolusi untuk olahraga secara teratur sekadar jadi rencana aja. Oleh karena itu kita harus pintar-pintar untuk membagi waktu untuk menyeimbangkan pola hidup kita. Coba buat target setidaknya dalam satu hari untuk berolahraga selama 5-15 menit, jika sudah mulai terbiasa maka perlahan tingkatkan durasinya.

Di sisi lain mungkin juga ada yang takut untuk berolahraga karena risiko cidera. Kalo untuk hal satu itu, jangan khawatir! Sebenarnya tubuh kita gak selemah itu kok hingga gampang cidera waktu berolahraga. Yuk kita kenali ragam jenis cidera supaya kita jadi paham dan menghindari kesalahan yang mungkin terjadi ketika melakukan aktivitas fisik :

1. Cidera Jaringan Lunak

Cidera jaringan lunak bisa menyerang berbagai bagian tubuh seperti kulit dan otot. Biasanya kulit kita mudah lecet, terluka, atau tertusuk karena tidak berhati-hati saat olahraga. Sementara otot kaki mudah cidera karena penggunaan sepatu olahraga yang kurang berkualitas atau aktivitas fisik yang berlebihan.

2. Cidera Jaringan Keras

Tulang dan sendi juga menjadi bagian tubuh yang rawan mengalami cidera. Risiko patah tulang dan pergeseran sendi harus mendapatkan penanganan medis secara intensif. Tapi kamu tidak perlu khawatir kok. Kondisi kecelakaan olahraga sampai menyebabkan patah tulang atau pergeseran sendi jarang sekali terjadi. So, kamu hanya perlu berhati-hati saat berolahraga.

3. Kram Kaki

Rasa sakit yang luar biasa akibat kram memang bisa membuatmu jadi kaget saat berolahraga. Kram bisa terjadi karena pengaruh perubahan cuaca, gerakan fisik yang keliru atau lupa pemanasan sebelum mulai berolahraga. Solusinya, istirahatlah sejenak. Jangan memegang atau memijat bagian tubuh yang sedang kram. Biarkan tubuh menjadi rileks hingga nyeri akibat kram hilang dengan sendirinya.

Untuk mengurangi risiko cidera otot kaki, kita juga membutuhkan sepatu olahraga yang pas di kaki kita dan tepat untuk digunakan di jenis olahraga tersebut. Aku merekomendasikan untuk membeli sepatu olahraga di MatahariMall.com. Selain menyiapkan aneka pilihan sepatu olahraga yang berkualitas, harga sepatu di MatahariMall.com juga sangat terjangkau jadi gak bikin kantong kita jebol. Bebas risiko cidera sekaligus bisa berhemat deh ☺


Kalau kita sudah mengenali jenis cidera yang mungkin terjadi ketika berolahraga, kita pasti termotivasi untuk berolahraga dengan prosedur dan intensitas yang tepat. Aku sih pingin segera rutin berolahraga sesegera mungkin. Ngajak temen buat olahraga bareng rasanya pasti seru ya! Let's improve our inside and outside look, beauties!

You Might Also Like

3 comments

  1. Aku olahraga gak pernah pakai sepatu, soalnya olahraganya cuma di rumah, di depan tv, setel dvd olahraga, udah deh XD bagiku yang penting kaos kaki sih XD kalau gak pakai kaos kaki, telapak kaki jadi aneh rasanya, pegal2 gimana gitu telapaknya.

    Yang terpenting warm up sama cool down deh ya, pentiiiiing banget deh! Dulu awal2 gak warm up sama cool down, terus seminggu ke depan aku cedera di paha, bok sakitnya ampuuuun XDDD;;

    http://farrelandmerry.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  2. Yes! Betul banget harus selalu inget pemanasan & pendinginan sebelum dan setelah olahraga. Aku juga kalo olahraga atau nari tanpa ngelakuin dua itu waaaah besoknya badan rasanya sakit semua :') Jadi tertarik juga beli DVD olahraga kayak kamu, selama ini aku selalu olahraga di luar ruangan soalnya. Pasti lebih efisien dari segi waktu yaa XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kalau olahraga di luar ruangan tuh malu, habisnya badan aku kecil. Dulu sempet ngegym, terus diledek orang, katanya "badan sekecil semut, mau kecilin apalagi" Padahal kan aku butuh untuk jantungku T__T **dan juga biar ada abs dikitlah, biar keren gitu lol** XDDD

      Delete

I'm A Part Of

I'm A Part Of