Cute Polka Dotted Pink Bow Tie Ribbon Get Fit With #20FIT - Colored Canvas

Get Fit With #20FIT

2:58 PM


Kita semua pasti tahu manfaat dan pentingnya olahraga terhadap kesehatan. Trend lifestyle gaya hidup sehat pun kini booming diterapkan oleh berbagai lapisan masyarakat. Seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi, varian jenis olahraga pun semakin beragam. Namun yang terpenting adalah semua kembali lagi pada rutinitas dan kemauan. Hayo, seberapa sering kamu meluangkan waktu untuk berolahraga?


Aku sendiri biasanya meluangkan waktu 6-10 jam per minggu untuk menari dan diselingi zumba, lari, atau berenang. Namun tak bohong, ketika jadwal mulai terasa padat pasti kita akan mendahulukan skala prioritas, alhasil planning olahraga jadi tertunda. Nah di minggu-minggu kemarin aku sedang super sibuk hingga jarang berolahraga, badan pun rasanya jadi gampang lelah dan sakit. 

Kebetulan aku sudah lama penasaran akan trend olahraga baru yaitu teknologi EMS Miha Bodytech dari 20FIT. Yes, kalo kamu followers dari Andien Aisyah pasti sudah awam akan olahraga ini karena ia merupakan salah satu ownernya hehe. 20FIT adalah inovasi di dunia fitnes yang mengalirkan energi listrik untuk menstimulasi otot. Yang unik konon katanya olahraga ini hanya membutuhkan waktu yang minim untuk hasil yang maksimal. Akhirnya aku pun memutuskan untuk mencoba satu sesi dan ingin sharing ke kalian pengalaman ku. Baca selengkapnya yaa ☕ 


Berhubung rumahku ada di daerah Tangerang Selatan, aku memilih untuk mendatangi branch terdekat yaitu 20FIT Bintaro. Untuk cabang di Bintaro ini berlokasi di Ruko Kebayoran Arcade 2, Sektor 7 - Jl. Boulevard Raya Bintaro Jaya Blok B3 No. 51, Tangerang Selatan. Agar lebih mudah, kalian bisa menemukannya di deretan ruko baru sebelah kanan setelah Carefour & Giant, lokasinya tepat di sebelah Erha Clinic Bintaro.




Begitu masuk kita akan disambut oleh para pegawainya yang ramah dan nuansa ruangan yang cozy serta homey. Meski memang tidak terlalu besar, tapi penataan ruang, lightning, dan alunan musiknya membuat kita langsung merasa nyaman. Aku pun betah berlama-lama disini ^^ Berdasarkan info dari pegawainya juga ternyata memang suasananya sengaja dibuat agar kita merasa seperti rumah sendiri.



Diawal kedatangan, kita akan disuruh untuk membaca Health Screening serta mengisi data diri. Fungsi dari riwayat kesehatan itu adalah untuk memastikan kondisi kesehatan kita. Apabila kita memiliki salah satu dari list yang terdapat didalamnya, disarankan untuk berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga di 20FIT ini. 

Setelahnya kita akan diberikan handuk dan baju olahraga khusus berwarna hitam. Dengan panjang sesiku tangan dan selutut kaki, baju olahraga ini fit body dan nyaman untuk dikenakan. Pakaian ini nantinya wajib kita kenakan ketika berolahraga. Sedangkan untuk alas kaki kita dibebaskan untuk memakai sepatu atau tidak, jadi tergantung pada kenyamanan kita saja hehe. Ohiya ladies, disarankan juga ketika berolahraga kita menggunakan sport bra dan tidak menggunakan bra yang berkawat yaa karena alat yang digunakan dapat menyalurkan listrik.


Di dalam changing room terdapat loker untuk kita menyimpan barang-barang dan dua buah kamar mandi di sisi kanan dan kiri. Selain bersih, ternyata 20FIT juga menyediakan beragam perlengkapan mandi yang super lengkap lho! Ada shampoo dan soap, facial foam, mouthwash, deodorant, body lotion, parfume, karet rambut, tissue basah dan kering, cotton bud, sisir, kapas, bahkan pembalut dan hairdryer. Woah salut deh sama 20FIT ♡


Nah setelah selesai berganti pakaian, aku berpindah ke lantai 2 dimana olahraga akan dilakukan. Pertama-tama kita akan ditimbang berat badannya dan di print hasilnya. Ternyata selain berat badan (Weight), alat tersebut juga mengukur Muscle Mass (masa otot), Body Fat Mass (masa lemak tubuh), kadar Protein, Mineral dan masih banyak lainnya. Dari hasil yang ditunjukkan secara keseluruhan kondisi tubuhku terhitung fit dan normal namun ternyata jika dilihat dari usia serta tinggi, aku terlalu kurus dan disarankan untuk menambah berat badan sebanyak 1.8 kg. Super shock sekaligus seneng karena selama ini aku selalu beranggapan termasuk gendut dan perlu diet untuk menurunkan berat badan >.<



Suasana training room nya clean dan private, dimana memang didesain hanya untuk 2 orang pengunjung per sesi lengkap dengan trainer yang mendampingi. Aku pribadi lebih suka ambience seperti ini karena bisa fokus dan tidak sumpek seperti biasanya di gym dimana lebih banyak orang melakukan olahraga dalam waktu yang bersamaan. Di dalam ruangan tersedia beberapa alat bantu dan fasilitas untuk memaksimalkan olahraga dengan EMS ini, sayangnya aku tidak berkesempatan mencobanya kali ini walaupun penasaran hehehe


Trainer yang mendampingiku hari itu adalah Mas Niko. Pertama-tama ia menjabarkan seputar 20FIT yang didukung teknologi EMS (Electro Muscle Stimulation) dari Miha Bodytec yang merupakan teknologi asal German dan sudah ada sejak tahun 1900an. Selain waktu olahraga yang cenderung lebih efisien, disebutkan juga bahwa metode latihan ini terbukti bebas cedera dan mampu membakar kalori serta lemak lebih cepat dibandingkan latihan biasa. Teknologi EMS ini merupakan latihan beban yang melibatkan massa dan pembentukan otot yang efektif dan aman untuk persendian. 


Dalam proses latihan nantinya, aku akan mengenakan vest atau rompi Miha Bodytec yang akan dialiri listrik langsung menuju otot melalui kabel-kabel yang terhubung. Alat tersebut berfungsi untuk mengkontraksi sekaligus merelaksasi otot. Mas Niko menyemprotkan air terlebih dahulu pada vest yang akan aku pakai agar lebih mudah untuk menyalurkan arus listrik dan mengalir merata di badan kita. Kita akan dibantu oleh trainer dalam pemasangan vest dan perekat di beberapa bagian tubuh seperti tangan, kaki, dan perut. 


Seperti inilah tampilan rompi lengkap dengan seluruh kabelnya. Meanwhile, aku excited, deg-degan, dan juga merasa seperti iron man ♪



So, let's start the exercise! Pertama-tama Mas Niko mencoba agar aku terbiasa dan menemukan skala rasa kejut/impluse di tiap bagian tubuh yang pas untukku. Untuk yang baru pertama kali mencoba, biasanya menggunakan standard skala 6 untuk kaki dan pantat dan skala 4 di bagian tubuh lainnya. Fyi, buat yang penasaran apakah setrum yang diberikan sakit atau tidak, jawabannya : ngga sama sekali! ✌ Pengunjung juga diharapkan untuk selalu menginformasikan apakah terasa kurang atau berlebihan rasa kejut yang dirasakan agar dapat disesuaikan oleh trainer.  Ohiya, kata Mas Niko semakin sering berkunjung skala akan dinaikkan secara bertahap dan gerakan olahraganya pun akan semakin beragam. Kita juga bisa lho menurunkan berat badan atau mengecilkan bagian tubuh yang diinginkan hanya dengan 6x sesi latihan 20FIT.



Sebelum memulai sesi latihan, tentunya kita melalukan pemanasan terlebih dahulu. Setelahnya kita akan mengikuti gerakan micro gym yang akan dipandu oleh trainer. Mas Niko mencontohkan gerakan-gerakan yang akan dilakukan dan mengingatkan ketika aba-aba "Ready...Go!" berarti kita harus melakukan gerakan tersebut sambil dialiri listrik dari mesin dan aba-aba "Rest" untuk membuang nafas dan kembali berdiri tegak ke posisi semula. Gerakan yang dilakukan bisa berbeda-beda pada tiap orang tergantung pada kebutuhannya, aku sendiri mendapat sekitar 4-5 gerakan yang dilakukan selang seling bergantian hingga 20 menit. Di menit-menit awal, aku masih merasa ringan dan mampu mengikuti gerakan beserta setrum yang diberikan. Perlahan trainer akan menaikan dosis impulse dan semakin lama semakin terasa berat hingga agak sulit untuk mengatur nafas. Tapi tenang saja, kita dapat selalu menginformasikan pada trainer untuk menyesuaikan dosis sesuai dengan kemampuan kita kok ^^



Tak terasa 20 menit sudah berlalu dan aku berhasil melewati semua proses latihan. Ketika Mas Niko membantu melepaskan equipment yang melekat di badanku, awalnya aku mengira mungkin selanjutnya akan dipadu dengan barbel atau TRX namun ternyata sudah berakhir. Aku sampai bertanya berkali-kali apakah ini benar sudah selesai? hahaha. Karena aku sudah terbiasa menari, dari sisi fleksibelistas Mas Niko mengatakan sudah cukup baik namun mungkin kesulitanku ada pada mengatur nafas dimana berdampak pada daya tahan tubuh. Walaupun keseluruhan gerakan yang dilakukan adalah gerakan ringan, namun ternyata aku cukup berkeringat lho. Mas Niko pun menjelaskan bahwa 20 menit latihan EMS sama seperti dengan berolahraga selama 2 jam di gym.

Ohiya meskipun diinformasikan bahwa aku mungkin akan merasa tegang atau pegal selama beberapa hari kedepan tapi justru sebaliknya aku sangat merasa segar hehe. Seperti yang telah kujelaskan diatas, sebelum datang ke 20FIT ini aku memang sedang sakit selama beberapa minggu kebelakang dan berniat untuk pijat nantinya. Namun setelah datang ke 20FIT ini justru pegal-pegal yang kurasakan di sekujur badanku menghilang dan merasa jauh lebih baik ☺


Thank you untuk Mas Niko yang sabar dalam menginstruksikan dan informatif menanggapi banyak pertanyaan yang kuajukan hehe. Semoga next time bisa kembali bahkan menjadi pelanggan tetap untuk senantiasa membentuk dan menjaga kondisi tubuh. Penasaran ingin mencoba EMS di 20FIT ini beserta harganya? Yap, kamu bisa mengikuti satu kali sesinya dengan harga IDR 525.000 namun untuk First Trial atau kedatangan pertama, kamu bisa melakukan sesi latihan hanya dengan harga IDR 250.000. Selain itu untuk yang berdomisili Jakarta, 20FIT juga menyediakan program Fit2Go dimana bisa datang kerumah. Untuk lebih lengkapnya, berikut kucantumkan yaa pricelist dari 20FIT ini :




For more information, you can visit their website & social media :

Website: 20FIT.co.id | Instagram: @20_fit | Facebook: duapuluhfit
Twitter: @20_fit | Youtube: 20fitID

Kalo kamu tertarik juga ngga buat mencoba 20FIT ini? Share in the comment section below ya ☺
Hope this post useful and see you in the next post!

You Might Also Like

4 comments

  1. Wah seru banget kayaknya, apalagi buat yang males olaharaga kayak aku, bis aberkeringat tanpa harus cape banget lari-lari ^^

    xoxo, Kartika

    KARTIKARYANI // INSTAGRAM

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya dear, ini memang cocok untuk jadi alternatif buat kita yang jarang atau gapunya waktu berolahraga :D thanks for stopping by!

      Delete
    2. Iya kalo tipe-tipe yang males banget olahraga kayak aku emang kayaknya cocok deh. Aku juga pernah kepo-kepo ke IGnya 20 fit sih, katanya walaupun kelihatannya 'ringan' gerakannya tapi ternyata capek juga ya

      Delete
  2. Seru niih 20Fit ini, gym ga perlu lama-lama udah keringetan..
    aku udah coba'in juga di:
    https://uniquebloggonnabe.blogspot.co.id/2016/03/sehatberdua-dengan-ems-training-di-20fit.html
    Salam kenal, Ghina! :D

    ReplyDelete

I'm A Part Of

I'm A Part Of