Cute Polka Dotted Pink Bow Tie Ribbon How I Dye My Hair At Home Feat Beautylabo Hair Color [Review & Tutorial] - Colored Canvas

How I Dye My Hair At Home Feat Beautylabo Hair Color [Review & Tutorial]

4:19 AM

Hi ladies! Today i wanna share with you about another Hair-Talks ♡ 

Aku selalu percaya kalo rambut itu adalah mahkota perempuan dimana dapat memperlihatkan keperibadian pemiliknya dan berpengaruh pada keseluruhan penampilan kita. Nah disamping treatment untuk menjaga kesehatan rambut, ngga ada salahnya lho untuk kita bereksperimen dengan warna rambut. Apakah kamu pernah atau mungkin berniat untuk mewarnai rambutmu?


Sedikit sharing, aku sendiri sebenarnya sejak masih kecil dulu sangaaaat ingin mengecat rambut karena saking sukanya dengan apapun yang berbau Jepang dan Korea. Tapi kala itu terhalang sama peraturan sekolah dan juga ngerasa takut karena banyaknya mitos-mitos yang mengatakan kalo mengecat itu bikin rambut jadi rusak >.< But then, aku berpikir kalo bukan sekarang lalu kapan lagi? Mumpung kita masih muda dan bisa bebas bereskperimen bukan? Yap, akhirnya setahun terakhir ini memutuskan untuk mewarnai rambutku and i can't be more happier! Mungkin terdengar too much, tapi aku bener-bener ngerasa jadi seseorang yang berbeda, jadi jauh lebih percaya diri, dan tentunya lebih menyukai pantulan diriku di cermin hihi.


Nah jika dihitung sampai saat ini aku baru 2x mewarnai rambut, yang pertama di salon professional dan yang kedua dengan bantuan temanku yang sudah biasa mewarnai rambut. Bisa dibilang udah cukup lama aku ngga retouch warna rambutku dimana warna asli nya sekarang sudah sangat turun, bahkan sampai warna poni dan rambutku pun jadi beda haha. Sayangnya kali ini aku ngga bisa minta tolong temanku karena terhalang jarak dan juga lagi on budget untuk pergi ke salon. Dan akhirnya setelah banyak cari info, ternyata mewarnai rambut sendiri ngga terlalu sulit lho bahkan jauh lebih mudah karena hemat waktu dan hemat uang. Oleh karenanya di postingan kali ini, aku ingin sharing mengenai pengalaman pertamaku untuk mengecat rambut sendiri di rumah dengan menggunakan Beautylabo Hair Color


Beautylabo Hair Color adalah produk pewarna rambut fashion color made in Japan. Apa itu fashion color? Jadi ternyata ada dua tipe pewarna rambut, yaitu fashion color dan penutup uban dimana fashion color sendiri merupakan warna-warna terang yang up to date dan bisa disesuaikan dengan kepribadian kita. Alasan aku memilih Beautylabo sendiri adalah karena rekomendasi temen-temenku yang mengatakan kalo pewarna rambut dari Jepang mostly sangat bagus dan lebih cepat masuk warnanya bahkan pada rambut berwarna gelap sebelumnya. Selain itu, dikatakan bahwa warna yang oleh Beautylabo ini cukup tahan lama dan awet sehingga ngga perlu sering-sering untuk retouch warna rambut. Jadi makin ngga sabar untuk coba >.<

Beautylabo Hair Color in Pure Beige
Beautylabo sendiri memiliki 6 buah pilihan warna, antara lain Natural Black, Dark Brown, Natural Blonde, Pure Beige, Candy Apricot, dan Raspberry Pink. Dan diantara semuanya, warna Pure Beige sangat menarik perhatianku. Aku selalu suka warna medium brown seperti ini, sangat cantik dan tetap terlihat natural untuk tampilan sehari-hari, plus nya lagi warna seperti ini bisa buat wajah kita jadi jauh terlihat youthful ♪ 

Beautylabo Hair Color Ingredients

Alasan lainnya kenapa aku memilih Beautylabo Hair Color adalah karena mereka mencantumkan kemudahan mewarnai rambut untuk pemula pada kemasan luar packagingnya, which is cocok untuk newbie sepertiku~ Bisa dibilang Beautylabo ini sangat praktis karena bisa diapplikasikan langsung dengan tangan kita. Dan aku ngga perlu khawatir rambut akan menjadi kering dan rusak setelah proses pengecatan karena Beautylabo Hair Color ini mengandung Coconut dan Almond Oil agar rambut dapat tetap berkilau, lembut, dan terjaga kelembapannya.


Biasanya 1 buah box produk cat rambut itu akan cukup untuk rambut dengan panjang sebahu. Jadi untuk rambutku yang cukup panjang, aku menggunakan 2 buah box Beautylabo Hair Color. Untungnya aku ngga perlu keluar budget banyak karena Beautylabo ini dijual dengan harga yang cukup afforadble, yaitu hanya sekitar IDR 45.000 - 55.000. Meskipun merupakan produk dari Jepang, Beautylabo ini sekarang sudah tersedia di beberapa drugstore dan juga toko online lho, jadi kita mudah untuk mendapatkannya. 

Beautylabo Hair Color Expired Date



Begitu kita buka boxnya, kita akan mendapatkan perlengkapan lengkap untuk cat rambut, yaitu:

1 Krim Pewarna / Cream Colorant Pack
1 Krim Developer / Cream Developer Bottle
1 Tutup botol / Nozzel
Sepasang sarung tangan plastik
Petunjuk pemakaian dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Petunjuk Pemakaian Beautylabo Hair Color
Important! Sebelum memulai mewarnai rambut, selalu biasakan untuk melakukan uji sensitivitas kulit 48 jam sebelumnya yaa. Hal ini berlaku untuk semua produk pewarna rambut apapun, karena pewarna rambut dapat menyebabkan reaksi alergi yang parah jika ada kandungan tertentu yang tidak cocok dengan kulitmu. Sejujurnya ini juga lah yang dulu sempat bikin khawatir untuk cat rambut, karena dulu pernah baca berita kalo ada yang mukanya jadi bengkak, matanya buta, dll setelah mewarnai rambut. Tapi tentu saja semuanya itu bisa dihindari dengan cara melakukan uji sensitivitas sebelumnya. 


Berikut cara untuk uji sensitivitas :
  1. Bersihkan bagian dalam siku/bawah lengan dengan air dan sabun yang lembut.
  2. Campurkan sedikit Krim Pewarna dan Krim Developer yang tersedia dalam box pada sebuah mangkok yang bukan terbuat dari logam. Aduk dengan menggunakan cotton bud.
  3. Oleskan sedikit campuran tersebut pada bagian kulit yang ingin diuji (biasanya area tangan bagian dalam atau belakang telinga) sekitar 1cm saja. Lalu biarkan mengering dan tunggu hingga 48 jam.

Kamu bisa menggunakan produk pewarna rambut tersebut jika tidak timbul kemerahan, rasa terbakar, gatal-gatal, atau iritasi pada atau sekitar bagian tersebut. Karena jika muncul reaksi diatas, maka kamu alergi dengan produk ini dan disarankan jangan menggunakannya.

Beautylabo Hair Color Guidance & Caution


So let's jump into the process! Sebelum memulai mengecat rambut aku menggunakan cape dan sarung tangan plastik. Karena di dalam box tidak ada jubah pelindung, aku pun menggunakan cape untuk melindungi pakaian dari produk pewarna rambut. Tapi jika kalian tidak memilikinya, bisa juga menggunakan baju yang sudah ngga terpakai atau dilapisi dengan handuk menutupi bahu dan dada. Karena sayang kan baju bagus kalian kalo terkena noda yang susah hilang hehe 


HOW TO USE

  1. Gunting Krim Pewarna (no 1) dan tuang seluruhnya ke dalam botol Krim Developer (no 2).
  2. Tutup kembali botol dengan kencang menggunakan tutupnya lalu kocok botol ke atas dan ke bawah setidaknya 30 kali sampai tercampur merata.
  3. Setelah merata, buka tutup botol lalu pasang Nozzle (aplikator tutup botol yang berbentuk runcing) dan lalu tes keluarkan cairan di telapak tangan untuk memastikan seberapa banyak campuran yang keluar sebelum pemakaian. And yes, it's ready to use!



Ini opsional, tapi karena rambutku cukup banyak dan panjang, aku membagi rambut menjadi 4 bagian dengan jepit agar memudahkan proses pewarnaan. Selain itu aku juga mengoleskan petrolleum jelly di bagian-bagian yang bersentuhan langsung dengan rambut seperti belakang telinga, hair line, dsb untuk menghindari dan meminimalisir side effect setelah pewarnaan.




Aplikasikan ke Seluruh Rambut
Pertama-tama, pewarnaan rambut bisa dimulai dari akar / kulit kepala. Jika kalian memiliki uban, maka mulailah applikasi dari area terbanyak uban, seperti garis dan belahan rambut. Lalu lanjutkan ke bagian samping dan belakang rambut mulai dari pangkal hingga batang rambut. Disini aku membuka jepitan satu persatu untuk mewarnainya, lalu dijepit kembali setelah area tersebut sudah selesai. Hal ini kulakukan untuk memastikan setiap area benar-benar sudah diwarnai mulai dari pangkalnya. Setelah seluruh area selesai, aku akan melepas semua jepitan dan mengecat semua rambut kembali. 

Aku sendiri menggunakan 2 cara, yaitu dengan menuangkan botol applikator langsung ke rambut lalu diratakan dengan tangan dan sisir cat, atau dengan menuangkan botol applikator di telapak tangan lalu diratakan dengan cara seperti menyisir. Jangan lupa untuk pijat-pijat rambut secara perlahan agar semua produk menyerap ke rambut. Lakukan terus secara berulang hingga semua warnanya merata ke seluruh area rambut yang ingin diwarnai. Jangan lupa untuk minta bantuan orang lain yaa untuk memastikannya sudah merata apa belum ^^

Ps : tips dariku, lakukan pengecetan dengan berada di depan kaca berukuran besar dengan kertas koran dibawahnya (untuk memimalisir noda di lantai). Siapkan juga tissue jikalau ada noda cat yang mengenai wajah dan kulit. Kalian juga bisa menggunakan karet gelang agar sarung tangan plastik tidak bergeser-geser. Hope it helps!


Setelah semua cat merata, anjurannya kita mendiamkan rambut selama kurang lebih 30 menit, tapi aku melebihkan kira-kira menjadi 45 menit karena ingin warna lebih masuk dan terang haha. Tapi sensitivitas orang beda-beda yaa, jangan ditahan terlalu lama jika kamu tidak kuat dengan bau amoniak atau efek lainnya dari pengecetan rambut. Setelahnya bilas hingga bersih dengan menggunakan air hangat lalu diikuti dengan shampoo dan conditioner seperti umunya keramas. Ohiya, jangan lupa agar hindari air bilasannya tidak terkena mata yaa. Kemudian keringkan, lalu tata rambut seperti biasa. And you're done! 


RESULT
Before - After Beautylabo Hair Color In Pure Beige
Scalp Side - Before After Beautylabo Hair Color in Pure Beige (Indoor)


Back Side - Before After Beautylabo Hair Color in Pure Beige (Indoor)

Side Side - Before After Beautylabo Hair Color in Pure Beige (Indoor)
Here it is, my first ever experience dyeing my hair at home with Beautylabo Hair Color. To be honest, aku superrr suka sama hasilnya, karena warnanya masuk ke rambut asliku yang berwarna cokelat gelap - menuju black. Yeay, akhirnya rambutku kembali rata warnanya! Apalagi warna ini buat wajahku jadi terlihat lebih muda *my own opinion lol* ♥ Dan yang paling bikin aku amazed adalah setelah melalui proses pewarnaan pun rambutku ngga jadi kering ataupun rontok malah jadi terlihat silky dan smooth karena kandungan Coconut & Almond Oil nya yang membantu merawat rambut setelah diwarnai. Thumbs up buat Beautylabo ✌ Ohiya buat yang penasaran apakah warnanya luntur, nope warnanya sama sekali ngga luntur lho. Ketika keramas pertama kali pun lantai kamar mandi ku tidak dipenuhi lautan air berwarna keruh seperti jika aku menggunakan produk lainnya, melainkan busa-busa kecil yang mudah untuk dihilangkan. Pada keramas esok hari nya pun warnanya tetap awet, padahal aku hampir 1-2 hari sekali keramas. Ps: pastikan kalian keramas dengan bersih yaa agar wangi amoniaknya hilang total hehe

Outdoor Lightning using Beautylabo Hair Color in Pure Beige
Overall, aku puas dengan pengalamanku mewarnai rambut sendiri menggunakan Beautylabo ini. Mewarnai rambut ternyata ngga sesusah yang kubayangin! hehe aku malah jadi ngga sabar mau coba varian warna Beautylabo Hair Color lainnya, next nya kira-kira bagus yang mana ya? >.< Apakah kamu pernah mewarnai rambutmu sendiri dan mencoba Beautylabo Hair Color? Don't forget to share with me your opinion on the comment section below, and I'll see you on the next post! Thank you for reading! Xoxo

Watch this short clip below for the tutorial! ^^v
And for more information about Beautylabo, you can also visit :


You can also find me at
 ghinaaulia.megaputri@gmail.com 

You Might Also Like

1 comments

I'm A Part Of

I'm A Part Of