Cute Polka Dotted Pink Bow Tie Ribbon Purbasari Lipstick Color Matte (All Shade) Review & Swatches - Colored Canvas

Purbasari Lipstick Color Matte (All Shade) Review & Swatches

11:14 AM

How's your holiday, Beauties? I hope you enjoy the long weekend together with your loved one! 
Pertama-tama aku mau mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H. 
Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin ♡


Di postingan kali ini aku mau membahas mengenai lipstick lokal yang trending sepanjang tahun 2015-2016. Yes, it's the Purbasari Lipstick Color Matte. Sebenernya aku pengen share postingan ini sejak lama, tapi ketunda terus karena beragam aktivitas dan belum berhasil mengumpulkan semua shadesnya. Saking populernya, Purbasari ini sering banget sold out di berbagai tempat >.< Aku sendiri mencari di berbagai offline shop seperti Dan+Dan, Guardian, Pasar Mayestik, supplier salon, dan juga beberapa online shop. And finally, my collection is complete! 


Yuk langsung kita bahas ^^ Dari sisi kemasan, menurutku Purbasari ini cenderung classic dengan dominasi warna hitam dan gold. Terkesan simple dengan desain bentuk kotak yang ramping dan berwarna hitam glossy. Lipstick ini juga travel friendly karena materialnya yang ringan. Sayangnya warna yang tertera di bagian depan kotak tidak bisa dijadikan panduan untuk membeli dikarenakan kurang akurat. Jadi aku menyarankan jika kamu ingin membeli lipstick ini, bisa dilihat terlebih dahulu review atau foto ketika sudah diapplikasikan agar tidak salah membeli warna yang diinginkan.

Ohiya di awal pembelian, packaging kardus akan dilapisi lagi dengan plastik segel untuk memastikan produk di dalamnya aman. Namun sayangnya lem dari kardusnya sendiri kurang bertahan lama, pada beberapa produk yang kubeli kardusnya akan terbuka tak lama begitu segel dilepas. Aku sendiri suka menyimpan kemasan untuk menjaga produk yang kubeli tidak kotor. Tapi kalo kamu bukan tipikal yang suka menyimpannya, you'll be fine with it ☺ Selain itu, aku juga love-hate dengan packaging lipstick yang seperti ini hehe. Aku suka karena ia bisa digunakan semaksimal mungkin dan dapat mengikuti bentuk bibir tapi juga sedih karena beberapa kali terdapat kasus dimana isi patah di bagian dalam. Tak terkecuali juga lipstick Purbasari ini. 2 dari 10 produk yang kubeli telah copot di dalamnya, bahkan pada pertama kali aku buka produknya. Hopefully they can fix this problem soon.


Besides the packaging, lipstick Purbasari ini hadir dalam 10 pilihan warna yang menurutku cantik-cantik banget. Jika dibandingkan dengan lipstick keluaran Indonesia lainnya, varian warna Purbasari ini dapat dikatakan lebih bold namun tetap wearable. Setiap warna memiliki nomor angka dan nama shade yang bisa dilihat pada bagian bawah kemasan. Cara pengunaan lipstick ini sama dengan kebanyakan lipstick lainnya, yaitu diputar. Dan untuk berat 4 gr, menurutku produk ini cukup banyak isinya serta awet dalam penggunaannya. Yang paling kusuka dari lipstick ini adalah wangi vanilla-bubblegum yang manis ♪ Oh, not forget to mention : harganya sangat affordable! hanya berkisar IDR 25.000 - 40.000 tergantung dimana kamu membelinya. 

What it promises?
"Inovasi terbaru dengan pelembab"
  • Tahan lama dan tidak mengkilap
  • Terasa ringan pada bibir Anda
  • Melembabkan bibir
  • Warna tidak pudar sehingga penampilan Anda akan tetap segar
Left to Right :
#81 Diamond, #82 Mirah, #83 Pirus, #84 Ruby, #85 Safir,
#86 Topaz, #87 Zamrud, #88 Amethyst, #89 Jade, #90 Crystal
Look at those gorgeous color! ♥ Warna-warna diatas dihasilkan hanya dalam satu kali ulas saja lho. Pigmentasinya juara banget! Di sisi lain juga sangat buildable dimana bisa dipakai berlayer-layer tanpa cracking. Aku bahkan suka mix warna antara satu dan yang lainnya. Dan yang paling bikin kagum, lipstick ini memiliki hasil akhir yang true matte, ringan di bibir, dan surprisingly longlasting. Ketika bikin swatch di tangan diatas, aku perlu waktu yang lama untuk menghapusnya bahkan sampai harus digosok-gosok dan itu pun masih berbekas. Overall, Purbasari ini bisa tahan selama 3-8 jam. Lipsticknya akan sedikit transfer ke gelas ketika minum, hilang hanya di bagian tengah ketika makan ringan, dan baru akan hilang total ketika kamu makan berat yang sangat berminyak. Meskipun tergolong lipstick matte, Purbasari ini juga tidak terlalu mengeringkan jika dibandingkan dengan lipstick sejenis. Tapi untuk hasil yang maksimal, kamu bisa mengaplikasikan lip balm terlebih dahulu. Ohiya satu hal yang aku bingung, lipstick ini entah kenapa bisa berbeda tekstur antara warna satu dengan yang lainnya. Aku akan bahas lebih lanjut di swatch lengkap di bawah ya :)


#81 Diamond 
Dalam ke-10 varian warna Purbasari Lipstick Color Matte ini terdapat 3 warna bernuansa coklat, yaitu #81, #86, dan #90. Aku pribadi sangat menyukai warna Diamond dikarenakan lebih cocok di bibirku yang aslinya cenderung pucat & berhasil mencerahkan wajahku. Warna dari Diamond ini coklat medium dengan sedikit aksen greyish dan peach yang terbilang masih jarang ditemukan. Warna ini adalah favoritku dan selalu ada dalam pouch makeup untuk daily use


#82 Mirah
I'm not a fan of bold color, but not with this lipstick. Warna Mirah ini super cantik dengan perpaduan warna Deep Berry dan Maroon. Meskipun hadir dengan warna ungu, tapi Mirah masih wearable kok hehe. Ohiya, Mirah ini juga yang kumaksud entah kenapa teksturnya beda dengan yang lainnya. Lipsticknya cenderung lebih seret ketika diapplikasikan dan menggumpal di bagian dalam. Selain itu kemasan kardus Mirah yang kudapatkan juga yang lem nya kurang kuat huhu. Tapi aku bener-bener jatuh cinta sama warnanya. If you're looking for a vampy look, you can try with this one! 


#83 Pirus
Varian warna bold selanjutnya adalah Pirus. Shades ini didominasi warna coklat mauve dengan hint keabu-abuan yang menurutku membuat warna ini unik banget. Sayangnya, warna Pirus ini kurang cocok di aku dan membuat wajahku terlihat kusam padahal di beberapa teman terlihat sangat bagus hasilnya. In real life, it looks so bold and give you a bit of mature look.


#84 Ruby
Shades Ruby mengarah pada warna merah dengan hint orange yang terang. Efek brigthening di wajah otomatis bisa kamu dapatkan seketika saat memakai warna ini. Seperti yang kita tahu, warna pada lipstick akan berbeda pada setiap orang. Begitupun aku, entah kenapa jika di kebanyakan temanku Ruby jatohnya seperti warna yang sangat terang dan kurang cocok untuk sehari-hari, namun di bibirku tidak demikian. Ia terlihat seperti coral and i like it so much.


#85 Safir
Sedikit mirip dengan #84 Ruby, Safir ini juga bernuansa merah namun dengan hint pink fuschia. Jika dibandingkan, Safir ini dapat lebih memberikan tampilan girlishIn real life, warnanya terlihat lebih bold dan sedikit menuju ke shocking pink. Ohiya, lipstick Safir punya ku juga menggumpal di bagian dalam namun still glides smoothly ketika diapplikasikan.


#86 Topaz
Dari segi warna, Topaz cenderung pure brown dengan sedikit hint warna merah. Jika sebelumnya aku kurang cocok dengan warna coklat, namun di luar ekspektasi ternyata warna Topaz ini cantik sekali ketika digunakan. Kemasan kardus Topaz punya ku juga merupakan salah satu dari yang mudah terbuka sesaat setelah segel plastik dilepas serta terasa sedikit seret saat diaplikasian. 


#87 Zamrud
Sedikit mirip dengan warna #82 Mirah, Zamrud ini juga hadir dengan dominasi warna deep purple namun dengan campuran fuschia. Meskipun bold, warna Zamrud ini lebih wearable untuk sehari-hari dan memberikan efek dewasa. Sayangnya, varian lipstick ini sulit sekali diapplikasikan karena terasa seret dan isinya telah copot dari awal dibuka. Syukurlah bisa diakali dengan ditekan pada bagian bawah lipstick. 


#88 Amethys
Jika range warna Purbasari Lipstick Color Matte lainnya di dominasi warna coklat, pink, dan merah, maka Amethys ini sedikit berbeda yaitu warna orange dengan sedikit merah bata. Berhubung ini adalah lipstick orange pertamaku, awalnya ragu ketika mencoba. Tapi ternyata warnanya cukup cantik dan dapat langsung memberikan efek mencerahkan wajah. I think it's perfect for night / formal look. Jika kamu takut terlalu bold, kamu bisa mengaplikasikannya tipis-tipis dan mencampurkan dengan warna netral lainnya.


#89 Jade
Everyone's favorite shade! Jade ini merupakan warna yang best seller dan sold out terus dimana-mana. Warnanya yang pinky peach sangat versatile dan cocok untuk semua skin tone. Terlebih karena Purbasari Lipstick Color Matte ini telah disesuaikan dengan kulit perempuan Indonesia. It's also one of my favorite.


#90 Crystal 
Last but not least, shades Crystal yang merupakan warna paling muda dibandingkan yang lainnya. Meskipun mirip dengan #81 Diamond, namun Crystal merupakan warna nude yang di dominasi peach. Di bibir asliku yang pale, warnanya kurang berhasil membuat wajah ku tidak pucat. Namun, banyak juga teman-temanku yang menyukai shades ini karena bagus di bibir mereka. Jadi aku pikir ini kembali dengan bagaimana warna bibir masing-masing hehe. Sadly, kemasan Crystal ini juga merupakan salah satu yang isinya copot dari kemasan sejak awal dibeli.


Conclusion :
Purbasari Lipstick Color Matte is blowing my mind. Hampir semua yang di deskripsikan pada kemasan terbukti. Matte ✓ Pigmented ✓ Varian warna yang unik dan beragam ✓ Tahan Lama ✓ Ringan di bibir ✓ Melembabkan ½

Downside dari produk ini menurutku hanya ada di packagingnya yang termasuk ringkih, tekstur yang berbeda di tiap lipsticknya, serta pendistribusian produk yang tidak merata sehingga menyebabkan susah dicari mengingat high demand dan antusiasme yang tinggi. Namun untuk lisptick lokal dengan harga yang sangat afforadble, lipstick ini totally worth it untuk dicoba!

Sudah kah kalian mencoba lipstick Purbasari ini? Warna apa sih yang kalian paling suka? 
Don't hesistate to comment below ya, i'd love to hear your thought! 
See you in the next post, Beauties! ^^

You can also find me at
 ghinaaulia.megaputri@gmail.com

You Might Also Like

3 comments

I'm A Part Of

I'm A Part Of