Cute Polka Dotted Pink Bow Tie Ribbon [EVENT REPORT] Festival Fashion Kain Indonesia #FimelaFest2016 - Colored Canvas

[EVENT REPORT] Festival Fashion Kain Indonesia #FimelaFest2016

5:03 PM

Hei-ho! I think it's been a while since my previous post. Sorry for the absence, guys! >.<
Seperti yang ku bilang sebelumnya, aku akan pergi ke luar kota selama beberapa waktu. Nah ternyata aku ga cuma harus pergi ke satu kota, tapi dua! Yaitu ke Surabaya dan Polewali untuk meng arrange festival internasional disana (I'm gonna share more about this later. Promise!). 

Long story short, di tengah kedua festival tersebut aku mendapatkan invitation dari FIMELA untuk menghadiri salah satu rangkaian acara FIMELAfest 2016, yaitu peragaan Festival Fashion Kain Indonesia. Dalam acara FIMELAfest tahun ini, hadir berbagai macam kreasi para designer yang memodifikasi pakaian menggunakan kain tradisional nusantara. Mulai dari kain ikat, tenun, batik, ulos, songket, dan masih banyak lainnya. As one of a big fan of Indonesian culture, I'm so excited to attend this event! ☺

What I Wear :
Bershka Necklace, Handmade Batik Dress, Prada Bag, Zalora Heels
Acara FIMELAfest yang memang merupakan event tahunan diselenggarakan, kali ini digelar di Mall Gandaria City, Jakarta Selatan, dari tanggal 17-21 Agustus 2016. Tema yang diusung tahun ini adalah #WajahBaruIndonesia dan di dalamnya terdapat banyak rangkaian acara, seperti kompetisi FIMELA Girl Model Hunt, Faboulous Mom and Kids, dan Unstoppable Styling Competition. FIMELAfest tahun ini juga ternyata melakukan roadshow di beberapa kota besar lho, seperti Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Highlight dari FIMELAFest 2016 ini adalah penampilan koleksi dari beberapa desainer berbakat Indonesia seperti Mel Ahyar, Nina Nikicio, Stella Rissa, Didiet Maulana, Barli Asmara, dll.

Fashion show yang aku hadiri merupakan kolaborasi FIMELA dengan Batik Air yang menampilkan dua designer muda Hartono Gan dan William Utama. Pagelaran di Festival Fashion Kain Indonesia hari kedua ini memperlihatkan gaya dan tendensi yang berbeda meskipun sama-sama mengangkat tema travel in style. Tema ini tak lain ditujukan untuk perempuan urban yang stylish dan dinamis. Ohiya, selain runway kamu juga akan melihat banyak sekali booth yang menjual beragam kreasi kain nusantara di luar venue. Semua pakaian yang digelar sangat fashionable, modern, dan ready to wear


Persembahan di FIMELAFEST 2016 ini kurang lebih membuktikan bahwa fly in style adalah value yang dipercaya oleh Batik Air. Sebelum memamerkan koleksi rancangan kain batik, Made Rina selaku Manager Service and Development Batik Air membagikan informasi seputar latar belakang terselenggaranya fashion show ini. Batik Air yang membawa nama “batik” memiliki tanggung jawab memperkenalkan secara global kain tradisional ini. Dan peragaan busana dari tangan dua desainer muda tersebut merupakan bentuk dukungan Batik Air terhadap pertumbuhan dan perkembangan kain warisan budaya bangsa ini dalam dunia fashion. Setelah sharing, mbak Made Rina juga berbaik hati membagikan tiket gratis pp Batik Air Jakarta-Yogyakarta bagi satu orang yang beruntung lho! Waah seru banget ya.


- HERITAGE DISCO -
BY HARTONO GAN

Jika biasanya kain batik terkesan tradisional, Hartono Gan mengubahnya menjadi flashy dengan sentuhan disko yang chic. Saat ditanya alasannya memilih batik sebagai material utama dari koleksinya, Hartono Gan menyebutkan,  “Batik adalah kain yang cukup intriguing buat saya, karena saya sudah melihat langsung proses pembuatannya, sehingga membuat saya tertarik untuk mengupasnya lebih lanjut. Apalagi kain batik sangat versatile, dalam arti ‘gampang diapa-apain.” Motif batik tak segan-segan dipadukan dengan motif lain seperti polkadot. Potongan bell sleeve dan ruffle pada lightweight material yang dilengkapi dengan sequin embellishment membuat koleksi ini sangat pas bagi perempuan yang ingin bergaya ala era 70-an yang glamor.














- URBAN BATIK -
BY WILLIAM UTAMA

Desainer kedua yang didukung persembahannya oleh Batik Air di Fimelafest 2016 adalah desainer asal Medan, William Utama. Semangat muda yang enerjik sangat terasa dengan iringan musik latar yang berdentum kencang, koleksi batik William berkonsepkan high street, street style, dan nuansa psikedelik yang ekspresif.

Berani tampil beda, William memadukan motif batik yang ramai, yang biasanya terdiri dari warna-warna yang jauh dari kesan kalem, dengan berbagai motif lain. Menghasilkan clashing prints yang cocok dikenakan pribadi yang khas. Mungkin terlalu ramai bagi sebagian orang, tapi sangat potensial dipakai bila kamu ingin jadi pusat perhatian. Bomber jacket, atasan, serta bawahan berupa flowy dan pencil skirt yang dihiasi dengan motif khas batik semakin menegaskan bahwa traveling pun bisa stylish, bahkan ini dalam balutan batik. 














And it's a wrap! Seneng banget bisa menyaksikan koleksi dari dua designer ini ♡ Aku suka sekali idenya yang memadupadankan kain khas Indonesia dengan beragam corak dan motif sehingga terlihat sangat versatile. Jauh dari kesan kuno dan formal, koleksi yang ditampilkan ini membuka mata kita bahwa kain khas nusantara juga ternyata bisa tampil stylish dan up to date. Semoga bisa menginspirasi kita semua ya dalam mix and match koleksi kain kesayangan kita! ^^




Last but not least, tentunya foto-foto di photobooth FIMELAfest 2016 ini. Lucu banget ya decor nya? Penuh bunga-bunga hehehe. Ohiya kita juga berkesempatan berfoto bersama dengan dua desainer berbakat Hartono Gan dan William Utama. Terus semangat berkarya dan menginspirasi yaa :) Thank you for having me, sampai ketemu di FIMELAfest tahun depan!


#FIMELAFEST2016 #WAJAHBARUINDONESIA 
#FESTIVALFASHIONKAININDONESIA #LOVE4INDONESIA

You can also find me at
 ghinaaulia.megaputri@gmail.com

You Might Also Like

0 comments

I'm A Part Of

I'm A Part Of