Cute Polka Dotted Pink Bow Tie Ribbon Review : The Color Changing Lipstick From Moodmatcher - Colored Canvas

Review : The Color Changing Lipstick From Moodmatcher

2:16 AM

"I have way too many lipstick" - Said no woman ever. Ada yang pernah dengar quotes ini? Personally aku merasa relateable sama kata-kata tersebut haha. Meskipun rasanya udah punya berbagai macam lipstick, tapi kalo ada lipstick baru di pasaran atau lip product yang menarik entah packaging atau warnanya pasti deh bawaannya pengen coba atau kalo bisa justru koleksi banyak shadesnya. Dan ga jarang ada yang komentar "lho bukannya udah punya warna itu?" ya tapi kan belom punya yang baru ini kan~ Hayoo siapa yang ngalamin kayak gini juga? :p


Salah satu lipstick yang udah lama bikin aku penasaran adalah lipstick fenomenal dari Moodmatcher. Kenapa fenomenal? Karena lipstick yang dikeluarkan brand asal USA ini memiliki warna-warna vibrant seperti hijau, kuning, biru, ungu, bahkan hitam! Uniknya dengan warna yang demikian, color payoff  yang dihasilkan justru jauh berbeda, wearable dan menyesuaikan dengan pH bibir & temperatur penggunanya. Jadi hasilnya bisa beda-beda untuk setiap orang ♪

Color Changing Lipstick dari Moodmatcher ini sempat booming dan jadi one of a must try item di Indonesia pada tahun 2015-2016 lalu (I hope I'm not too late to try this products. lol). Bahkan setelah cari tahu lebih banyak, ternyata lipstick ini udah jadi salah satu produk legend lho karena sudah ada sejak tahun 1987. Sampai saat ini Moodmatcher telah mengeluarkan berbagai macam jenis lipstick diantaranya Original, Luxe Twist Stick, Split Stick, Mood Pearls, Metallic Moods, dan yang terbarunya adalah Liquid Matte. Nah yang kali ini akan aku bahas adalah lipstick Original dari Moodmatcher yang surprisingly jadi lipstick faforit aku saat ini.

Let's start with the packaging. Kemasan lipstick varian Original dari Moodmatcher ini terbilang cukup simple dengan bahan plastik berwarna hitam dengan aksen transparant pada bagian tengah yang memperlihatkan shades di dalamnya. Kebetulan setahun yang lalu aku sempat menemukan produk ini di salah satu drugstore dan jika di compare rasanya ada perbedaan dari sisi packagingnya. Aku sendiri lebih suka packaging yang baru karena lebih modern, ngga ringkih, dan terkesan classic. Ohiya untuk keterangan produk di bagian kemasannya, kita bisa lihat pada bagian segel produk. Segelnya sendiri ini sifatnya bolak-balik, jadi di bagian luarnya tertera nama shades, barcode, expired date, dan informasi seputar distribusi sedangkan jika kita peel off (sekaligus membuka produk) akan tampak ingredients dari lipstick Moodmatcher ini ☺


Moodmatcher Original Lipstick sendiri tersedia dalam 10 pilihan warna, seperti yang aku cantumkan pada chart diatas. As you can see, meskipun warna dalam kemasannya unik dan ngga common, tapi warna yang akan dihasilkan cukup natural untuk daily use kan? Bisa dibilang hampir semuanya didominasi warna pink - merah - purple terkecuali varian Brown. Dan dari semua shades yang ada, aku paling interest untuk punya warna Green & Orange yang ternyata juga merupakan best seller mereka. 

Ingredients :
Ricinus Communis (Castor) Seed Oil, Caprylic/Capric Triglyceride, Euphoribia Cerifera (Candelilla Cera) Wax, Petrolatum, Cetyl Acetate, Acetylated Lanolin Alcohol, Lanolin, Ozokerite, Propylene Glycol, Isopropyl Lanolate, Aloe Barbadensis Leaf, Propylparaben, geraniol, Propyl Gallate, Tocopheryl Acetate

May Contain : Fragrance/Parfum, Benzyl Benzoate, Geraniol, Iso Eugenol, Red 27 (CI 45410), Red 21 (CI 45380), Yellow 10 (CI 47005), Red 30 (CI 73360), Blue 1 (CI 42090), Red 6 (CI 15850), Orange 5 (CI 45370), Titanium Dixiode (CI 77891), Iron Oxides (CI 77489) (77491) (77492) (77499), Red 7 (CI 15850), Yellow 6 (CI 15985), Yellow 5 (CI 19140), Barium Sulfate (CI 77120), Manganese Violet (CI 77742), Mica (CI 77018)

---------------------------------------------------------
Conclusion : (I'm not an expertise but I tried my best)
  • Color Changing Lipstick ini bisa bereaksi dengan pH kulit karena kandungan Red 27 (CI 45410) yang dapat merubah dari yang tadinya tidak berwarna menjadi merah muda jika bertemu dengan kelembapan (Moisture).
  • Lipstick ini sudah mengandung perlindungan UVA/UVB dari Titanium Dixiode (CI 77891).
  • Masih terdapat kandungan Paraben & Parfum
  • Tidak membuat bibir jadi kering karena kandungan Aloe Barbadensis Leaf (ekstrak lidah buaya yang berfungsi menenangkan, mengembalikan kondisi kulit, serta anti inflamasi) dan Lanolin (zat emolien dari kulit domba untuk melembapkan & melembutkan kulit).

To be honest, lipstick ini mengingatkan aku akan lipstick arab yang pasti jadi oleh-oleh kalo ada yang pergi Umrah / Haji. Tahu kan lipstick berwarna hijau yang kalo dipakai berubah jadi warna pink? Nah dulu waktu belum ngerti makeup, aku seneng banget waktu dihadiahin itu tapi lama kelamaan aku jadi ada trust issue dikarenakan belom ada manufacture yang jelas (ada yang bilang bukan dari Arab, tapi dari Taiwan bahkan Turkey). Selain itu unkown ingredients didalamnya bikin aku ragu karena gatau apakah itu aman dipakai atau ngga. Ditambah aku noticed somehow bagian luar bibirku jadi agak menghitam dengan pakai itu jadi aku gapernah mau coba lagi. 

Berbeda dengan Moodmatcher Lipstick ini yang pastinya bikin aku lebih tenang ketika pakai, karena kita bisa tahu dengan jelas asal usul, detail produk, serta distribusinya. Not forget to mention, Color Changing Lipstick yang diciptakan oleh Fran Wilson ini juga di claimed memiliki formula yang long lasting dan bisa tahan selama 12 jam tanpa touch up. Cukup bikin tempting kan? hehe. Selain itu, lipstick ini juga non-transferable, kiss-proof, smudge-proof, dan non-drying. So without further do, let's see how it works! 


Nah ini adalah swatches dari Original Moodmatcher Lipstick untuk warna Orange (left) dan Green (right). Untuk warna Orange hasilnya jadi seperti perpaduan antara peach dan coral sedangkan  warna Hijau menghasilkan warna pink yang keunguan. Aku suka banget dengan kedua warnanya, perfect buat daily use ♫ Kalo kita perhatikan seksama, color payoffnya seperti lip balm / lip gloss yang sheer dan agak mengkilat. Warna diatas aku dapatkan setelah mengoleskan 2x ke tangan. So yes, it's buildable. Ohiya meskipun aku bilang warnanya cenderung sheer di tangan, bukan berarti daya tahannya ngga bagus lho. Justru sebaliknya, aku kesulitan untuk menghapus swatches ini saking pigmented dan juara staying power nya >.< Jika kamu mau membersihkan stain lipstick ini secara keseluruhan, aku recommend untuk pakai oil based cleanser, karena jika menggunakan Micellar Water masih harus beberapa kali usap.

Swatch Moodmatcher Original Lipstick - Orange
Swatch Moodmatcher Original Lipstick - Green
So that's how it goes on my lips. Cantik-cantik kan warnanya? ^^ Aku sendiri suka banget sama hasilnya karena tekstur lipstick ini jatuhnya seperti lip balm, super ringan berasa ga pakai lip product apapun Waktu awal diapplikasikan memang ia akan tampak sedikit glossy, nah kalo ingin efek kilapnya hilang kalian bisa tekan-tekan dengan tissue selama beberapa saat, setelahnya ia akan langsung stay di bibir kita seperti lip tint. Berdasarkan pengalamanku selama menggunakan lipstick ini, aku gaperlu khawatir ketika dipakai untuk makan dan minum. Karena warnanya masih tetap ada bahkan saat kita makan yang berminyak sekalipun, mungkin sedikit berkurang tapi masih sangat natural tanpa terlihat bahwa lip product yang sebelumnya kita pakai itu terkikis / cracking. Jadi sekarang gaperlu khawatir deh kalo lupa bawa lipstick untuk touch up~


OVERALL RESULT:

Sejak awal, aku memang tertarik buat koleksi Moodmatcher Lipstick untuk pemakaian sehari-hari. Tapi aku sendiri ngga nyangka kalo aku akan sesuka itu sama lipstick ini >.< Yuk sekarang kita bandingkan apakah produk ini sudah sesuai dengan klaim nya.
  • Unique formulation works with your body chemistry & skintone : ✓ warna yang dihasilkan akan menyesuaikan dengan kondisi penggunanya, akan tetapi tiap shadesnya sudah memiliki range warna hasilnya masing-masing, jadi perbedaannya ga lantas beda jauh misalkan dari yang harusnya pink tiba-tiba berubah jadi cokelat.
  • Up to 12 hours staying power : ✓ setuju, lipstick ini superrr tahan lama. Tapi so far aku pakai lipstick ini sekitar 8-10 jam, dan justru warnanya terkadang jadi makin bold tergantung aku kepanasan / kedinginan.
  • Transferproof : ✓ setelah set, lipstick ini bener-bener tahan lama dan transferproof. Bahkan ngga menempel pada sedotan dan peralatan makan.
  • Kiss-proof : ✓ Yes, produk ini ngga ninggalin kiss mark, apalagi setelah di tekan dengan tissue untuk menghilangkan efek glossy.
  • Smudge-proof : ✓ Yup, lipstick ini ngga bleber dan berantakan di bibir begitu stay.
  • Non-drying : ✓  Moodmatcher lipstick ini bisa dibilang cukup moisturising dan ga bikin bibir jadi kering meskipun dalam pemakaian yang lama. Bahkan aku seringkali ga pakai lip balm lho kalo ingin pakai lipstick ini karena memang sudah cukup lembab hehe


Am I recommend this lipstick? Yes, definitely ♥ Lipstick dari Moodmatcher ini cocok banget buat kalian yang lagi cari lippies yang ringan di bibir & long wear, ataupun bisa juga untuk kalian yang lagi pengen beralih dari liquid lipstick. Sesekali baik juga lho kasih bibir kita sedikit ruang untuk bernafas dari tumpukan matte lipstick hehe. Ohiya, ada alasan lain nih kenapa kamu harus coba produk ini. Ngga lain dan bukan adalah karena harganya yang ramah di kantong. Dengan kualitas dan ketahanannya, Moodmatcher Original Lipstick ini dijual dengan harga IDR 66.000 saja~ Kalian bisa menemukan produk ini di beberapa drugstore dan toko kosmetik seperti Dan+Dan, Guardian, Century, dan Indomaret. Akan tetapi saran dariku lebih baik beli di www.moodmatcher.co.id atau melalui LINE @moodmatcherindones karena sekarang ini lagi ada promo free ongkir. Lumayan banget kan~ Nah kamu sendiri udah pernah coba lipstick ini belum? Don't hesistate to share with me on the comment section below yaa ^^v

I think this is the end of the review. I hope this post is useful for you as always.
Thank you so much for reading, and have a nice weekend, Beauties! 


You can also find me at 
ghinaaulia.megaputri@gmail.com


You Might Also Like

1 comments

  1. bagus, warnanya keren banget ya.. hasilnya natural dan gak berlebihan.. :)

    ReplyDelete

Blogger Perempuan

I'm A Part Of

I'm A Part Of